Apa Itu Rating Film G, PG, PG-13, R, NC-17?

Pernahkan anda ketika mencari-cari film atau menonton film, terutama film-film keluaran Amerika Serikat, anda melihat semacam warning seperti ini ?

Rating PG-13

Informasi diatas adalah informasi tentang Rating Film yang dikeluarkan oleh Asosiasi Film Amerika Serikat (MPAA : Motion Picture Assocciation of America). Informasi diatas wajib disertakan untuk semua jenis film yang beredar di Bioskop-bioskop di US.

Mungkin anda akan mengesampingkan info ini karena menurut anda tidak penting. Namun ketahuilah bahwa info ini cukuplah penting terutama untuk anda yang sudah memiliki buah hati. Dengan informasi ini anda bisa dengan bijak menentukan mana film yang pantas ditonton oleh anak-anak anda dan mana yang tidak pantas.

Gambar diatas adalah untuk Rating PG-13 adalah salah satu contoh saja, Rating Film yang dikeluarkan oleh MPAA ada beberapa macam dan jenis rating yang diberikan tergantung tidak hanya pada ada tidaknya adegan-adegan tidak senonoh, tapi juga dari segi alur cerita, bahasa, aspek kekerasan, aspek ilegal, aspek perkelahian, dan ke-vulgar-an. berikut jenis dan penjelasannya saya kutip dari Wikipedia:

Rating Film

Rating G : General, semua umur

Adalah Rating untuk film-film yang layak dan boleh ditonton oleh semua orang dan semua usia. Film ini sangat cocok untuk anak-anak. Biasanya film-film seperti Ice Age, Madagascar, Inside Out, dan film-film animasi dari Disney / Pixar lainnya memiliki Rating G.

Rating PG : Parental Guidance Disarankan

Film yang memiliki Rating PG, boleh ditonton oleh anak-anak. Namun ada sedikit konten yang mungkin dirasa kurang pantas untuk anak-anak (Dari segi bahasa, ada scene perkelahian ringan, alur cerita, kematian karakter yang implisit) sehingga orang tua harus mendampingi anaknya dalam menonton film tersebut. Saya pribadi merasa, film Rating PG masih sangat aman ditonton oleh anak-anak.

Rating PG-13 : Parental Guidance Diharuskan

Film-fim seperti film superhero Marvel, kecuali Deadpool, memiliki rating PG-13. Rating ini memiliki maksud bahwa film tersebut tidak cocok ditonton oleh anak berumur 13 tahun kebawah. Sehingga orang tua yang memiliki anak dibawah 13 tahun / sebelum remaja, harus selalu menemani anaknya apabila anak ingin menontonnya. Rata-rata film yang ada adegan perkelahian & berciuman memiliki rating ini.

Rating R : Restricted Tidak disarankan untuk Anak Dibawah 17 Tahun

Rating ini adalah rating untuk film dewasa. Anak-anak dibawah umur 17 Tahun tidak boleh menonton film yang memiliki rating R ini. Petugas Bioskop di Indonesia saat ini biasanya mengingatkan bahwa film ini film dewasa dan tidak boleh ditonton anak-anak. Film yang memiliki Rating R akan memiliki alur cerita yang cukup vulgar, gelap, atau berat dan akan menampilkan banyak kekerasan baik dari segi grafis dan bahasa, serta hal-hal lain yang menjadi konsumsi orang dewasa (adegan ranjang, nudity, dsb). Anda masih boleh mengajak anak anda menonton film ini namun anda harus bisa mengatasi resikonya dan anda merasa anak anda sudah cukup dewasa dalam memahami subjek film yang akan ditonton. Saya pribadi merasa film Rating R yang tidak memiliki adegan telanjang atau memamerkan anggota tubuh masih boleh ditonton oleh remaja usia 15 dan 16 tahun. Tapi saran saya jangan boleh anak anda melihat film yang memiliki rating R. Akan lebih bijak jika anda lihat duluĀ review/trailerĀ  filmnya sebelum memutuskan untuk menonton dengan anak-anak anda atau tidak.

Rating NC-17 : No Child Under 17 Years Old Allowed, Khusus Dewasa

Film yang memiliki rating NC-17 adalah film khusus dewasa yang tidak boleh ditonton oleh anak-anak. Banyak adegan vulgar, banyak adegan keji dan kekerasan yang parah. Biasanya film NC-17 akan susah untuk beredar di US apalagi untuk beredar diluar US. Jangan pernah memperbolehkan anak anda menonton film yang memiliki rating NC-17.

Demikian ulasan saya mengenati rating film. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah setiap film yang masuk Indonesia, pastikan film tersebut lulus uji sensor oleh badan sensor film Indonesia.

Semoga anda bisa lebih bijak dalam memilih film mana yang akan ditonton.


Sumber :

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Motion_Picture_Association_of_America_film_rating_system
  2. http://www.filmratings.com/

2 thoughts on “Apa Itu Rating Film G, PG, PG-13, R, NC-17?”

  1. kalau film ada keterangan ratingnya, na kalau live, contoh acara MMA dan tinjud di TV One itu masuknya kategori rating apa ya. masalanya serba salah nih, saya sendiri suka nonton acara tersebut, tapi kadang anak juga ikut2an nonton. yang saya khawatirkan mereka akan meniru2 adegan dalam acara pertarungan tersebut dan dipraktikkan dengan teman-teman mainnya

    1. Sebenarnya untuk Acara TV ada rating dari Pihak televisi, yaitu :

      SU : Semua Umur
      R : Remaja
      D : Dewasa

      Dan itu sebenarnya sudah ada di setiap acara televisi, terutama yang seperti pertarungan MMA dan tinju.

      Namun rating tersebut oleh Stasiun TV hanya sebatas anjuran, sepenuhnya tergantung Bapak selaku orang tua yang menentukan apakah si buah hati boleh menonton atau tidak.

      Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *